KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena berkat dan rahmatNya,sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini
dengan judul “Tujuan Produsen Melakukan Segmentasi Pasar”. Terima Kasih kepada
Bapak Mujiyana selaku dosen softskill yang telah mendukung kami dalam penulisan
makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini penulis sudah berusaha semaksimal
mungkin sesuai kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak
luput dari kesalahan baik dari segi tekhnik penulisan dan tata bahasa. Tetapi
walaupun demikian penulis sudah berusaha semaksimal mungkin meskipun tersusun
sederhana. Demikian semoga penulisan makalah ini bermanfaat. Kami mengharapkan
saran serta kritik yang membangun.
LATAR BELAKANG
Produsen selalu memiliki cara untuk melakukan pemasaran,
baik sebelum diluncurkannya produk mauoun sesudah diluncurkannya produk. Mereka
memiliki ide dan selalu berinovasi supaya produk yang mereka jual terbeli. Oleh
karena itu, produsen melakukan segmentasi pasar, produsen melakukan riset
terhadap variable-variabel segmentasi yang ada supaya produk yang mereka
produksi itu cocok dalam setiap pembagian segmentasi pasar. Biasanya, produsen
melakukan hal ini untuk memberikan keunggulan tersendiri terhadap produk
mereka, entah dari sisi umur, usia, tempat wilayah, produsen bisa mengetahui
keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Inilah cara produsen untuk mengetahui
mana yang akan menjadi sasaran pasarnya.
PEMBAHASAN
Pengertian nya sendiri tentang segmentasi adalah Membagi
sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan
kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang terpisah. Selain itu segmentasi memiliki tingkatan
seperti
Pemasaran Massal, yaitu memproduksi secara massal
mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan secara massal produk yang
hampir sama dengan cara yang hampir sama kepada semua konsumen.
Pemasaran Segmen, Memisahkan segmen-segmen yang membentuk
suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu
atau lebih segmen tersebut.
Pemasaran Relung, Memfokuskan diri pada subsegmen atau
relung pasar yang memiliki sejumlah ciri bawaan yang khas yang mungkin mencari
kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
Pemasaran Mikro, Praktek perancangan produk dan program
pemasaran supaya sesuai benar dengan selera individu dan lokasi yang spesifik
yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual.
- Pemasaran Lokal, Perancangan merk dan promosi supaya
sesuai benar dengan kebutuhan dan keinginan kelompok-kelompok pelanggan local
--- kota, pemukiman, bahkan took yang spesifik.
- Pemasaran Individual, Perancangan produk dan program
pemasaran supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan preferrensi pelanggan secara
individual. Juga dinamakan pemasaran satu per satu ( one to one marketing ),
pemasaran yang disesuaikan dengan ( customized marketing )kebutuhan dan
pemasaran pasar yang terdiri dari satu orang ( market of one marketing ).
Setelah mengetahui tingkatan barulah produsen
mensegmentasikan pasar konsumen diantara lainya adalah
- Segmentasi Geografis, membagi pasar menjadi unit-unit
geografis yang berbeda-beda seperti negara, wilayah negara bagian, kabupaten,
kota atau pemukiman.
- Segmentasi Demografis, Upaya membagi pasar menjadi
sejumlah kelompok berdasarkan variable-variabel seperti usia, gender, ukuran
keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaann, pendidikan, agama, ras
dan kebangsaan.
- Segmentasi Psikografis, Upaya membagi pembeli menjadi
kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup atau
karakteristik kepribadian.
- Segmentasi Perilaku, Upaya membagi suatu pasar kesejumlah
kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pengunaan atau tanggapan konsumen
terhadap suatu produk.
KESIMPULAN
Kenapa produsen melakukan segmentasi pasar, supaya
mengetahui di mana nantinya barang yang mereka sudah produksi mampu diterima
masyarakat banyak,dan mampu menembus pasar konsumen,sehingga pembagian
segmen-segmen tersebut perlu supaya nantinya sebelum produk atau barang yang
dihasilkan diluncurkan produsen sudah mengetahui produk nya akan melalui
segmen-segmen mana yg sudah diatur pembagian serta tingkatan-tingkatan
pemasaran yang akan dilakukan produsen dan juga mensegmentasikan pasar konsumen
berdasarkan yang disebutkan diatas berdasarkan segi prilaku,demografis,geografi
maupun psikografis, tidak mungkin nantinya kalau barang sudah dipasarkan
produsen tidak mengetahui barang mereka nantinya akan dipasarkan kemana dan
barang mereka tidak laku oleh karna tidak melakukan segmentasi pasar tanpa
melalui prosedur dan segmentasi yang jelas dan terukur, maka dari itu segmentasi
pasar berguna bagi produsen untuk membagi segmen-segmen tersebut .
Adapula segmentasi yang efektif yaitu - Terukur - Dapat
dijangkau - Substansial - Dapat dibedakan - Dapat dilakukan tindakan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar